Malang, Aktual.co — Hari pertama penyerahan dukungan untuk calon perseorangan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten, ternyata nihil peminat.
Komisioner KPU Kabupaten Malang, Totok Hariono, mengatakan, sejak dibuka pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, belum ada calon yang menyerahkan dukungan sebanyak 157.904 KTP.
“Hari pertama masih nihil,” ucap Totok, Kamis (11/6), petang.
Calon independen di Pilkada Kabupaten Malang juga tidak greget. Pasalnya, hingga saat ini hanya ada satu nama yakni Abdul Wahab Adinegoro yang sudah mendeklarasikan diri sebagai bakal calon.
Nasib Abdul Wahab sendiri tak begitu mulus diawal, karena ia mengaku masih membutuhkan setidaknya 40 ribu lagi dukungan KTP untuk diserahkan kepada KPU.
Padahal, waktu penyerahan ditutup pada tanggal 15 Juni mendatang, artinya waktu dia menyerahkan dukungan hanya tinggal 4 hari lagi.
“Kami sudah lakukan sosialisasi, soal jumlah dan batas waktunya,” imbuhnya.
Ditambahkan, jika nanti pada hari terakhir tidak ada yang menyerahkan dukungan, maka bisa dipastikan Pilkada Kabupaten Malang tanpa calon independen.
“Kalau tidak ada yang menyerahkan dukungan, pilkada tanpa calon independen,” tandas mantan jurnalis ini.
Konstelasi politik jelang pilkada di Kabupaten Malang memang agak sedikit landai, belum ada nama yang muncul selain calon petahana Rendra Kresna.
Beberapa waktu lalu, nama Walikota Batu, Eddy Rumpoko, sempat mencuat untuk menantang Rendra dalam ajang pilkada ini. Namun, hingga kini belum ada rekomendasi resmi dari PDI Perjuangan soal siapa nama yang akan maju dalam pilkada.

()