Jakarta, Aktual.com – Pembahasan mengenai paket pasangan calon di Pilkada Kota Palembang 2018 telah ramai diperbincangkan. Hal yang paling mengejutkan publik adalah munculnya kepastian pasangan Mularis Djahri – Lury Elza Alex Noerdin dalam kontestasi.

“Kepastian munculnya pasangan ini jelas memberi detterance effect kepada lawan politiknya karena kekuatan modal politik dan ekonomi yang tak terbantah,” ujar Muchtar S Shihab dari kantor Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI), Selasa (11/7).

Menurut dia, pasangan Mularis-Lury adalah pasangan paling menarik dan punya peluang menang. Muchtar menjelaskan ada tiga faktor atas hal tersebut. Pertama, dalam survei yang dilakukan lembaganya, siapapun yang dipasangkan dengan Lury punya peluang menang.

Hanya jika Lury maju sendiri sebagai calon walikota, posisinya ada di nomor empat. “Lury ini ibarat gong dalam gamelan, dipasangkan dengan siapapun memberi kontribusi kemenangan yang tinggi, apalagi saat dipasangkan dengan Mularis,” ujarnya.

Kedua, Mularis dan Lury masing-masing sudah punya partai pendukung. Walau belum dapat dipastikan 100 persen mengusung, namun kedudukan ayah kandungnya yakni Gubernur petahana Alex Noerdin sebagai ketua partai Golkar Sumsel adalah fakta politik tak terbantahkan.

Demikian juga dengan kedudukan Mularis sebagai ketua partai Hanura Sumsel adalah modal fix dan solid. “Jangan pandang remeh Alex Noerdin. Beliau itu pemain kawakan dalam pilkada, sekali turun pasti harus menang, perhitungannya suka tepat,” jelasnya.

(Nebby)
1
2