Jakarta, Aktual.com — Anggota Komisi III DPR Arsul Sani berharap lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih mampu menjawab keraguan masyarakat dengan memberikan kinerja yang baik dalam pemberantasan dan pencegahan korupsi.

“Mereka perlu membuktikan kinerja yang lebih baik dibandingkan Pimpinan KPK jilid III yang digantikan,” katanya, di Jakarta, Jumat (18/12).

Arsul Sani mengatakan, dikaitkan dengan pembidangan yang dibuat Panitia Seleksi Capim KPK, maka pimpinan KPK terpilih telah memenuhi unsur penindakan, pencegahan, koordinasi dan manajemen organisasi.

Dia menilai, Basaria Panjaitan dan Alexander Marwata mewakili unsur penindakan, La Ode Syarif dan Saut Situmorang mewakili unsur pencegahan/ koordinasi/supervisi, dan Agus Raharjo dari unsur manajemen organisasi.

“Jadi saya menilai kurang tepat apabila ada kesan bahwa DPR hanya memilih Pimpinan KPK yang fokus pada bidang pencegahan,” ujarnya.

Arsul tidak mempermasalahkan tidak adanya unsur pimpinan KPK yang lama dalam format saat ini, dan yang terpenting bekerja dengan baik sehingga tidak ada gangguan di internal institusi tersebut.

“Pimpinan KPK jilid-jilid sebelumnya tidak ada ‘orang lama’ tapi mereka bisa ‘tune in’ dengan jajaran internal KPK sehingga disana tantangan pertama mereka.”

()

()