Jakarta, Aktual.com — Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto mengatakan pihaknya akan mengesahkan pembahasan RAPBN 2016 paling lambat 30 Oktober ini. Sebab, penundaan dikarenakan belum rampungnya pembahasan di komisi yang sebelumnya direncanakan disahkan pada 22 Oktober.

“Kita kan sudah sepakat APBNP 2015 dulu kan lancar, sesuai jadwal. Kita harap APBNP 2016 juga sesuai jadwal. Memang kemarin ada keinginan untuk selesaikan di 22 Oktober tapi nyatanya tidak bisa, melihat keadaan dan kesiapan yang ada dari pembahasan komisi sampai kami rapat konsultasi hari senin itu belum tuntas dimasing-masing komisi. Sehingga di Bamus kami sampaikan ini di tunda sampai batas akhir. Tapi masih ada waktu sampai 30 Oktober. Sehingga waktu hingga 30 Oktober harus kita speed up,” ujar Agus di gedung DPR, Jumat (23/10).

Pihaknya memastikan RAPBN 2016 sudah bisa diputuskan disidang paripurna sebelum tanggal 30 Oktober.

“Masih ada kesempatan karena 31 sudah masuk masa reses hingga tanggal 30 sekaligus penutupan masa sidang APBN sudah kita ketok,” katanya.

Agus memastikan tidak ada niatan DPR menghambat pengesahan RAPBN, apalagi dari Fraksi Demokrat.

“Seluruh fraksi sepakat ingin selesaikan. Kalau ada yang menyangka ini ada yang hambat sepertinya tidak ada keinginan itu, terutama dari fraksi Demokrat, tidak ada terbesit sedikitpun untuk menghambat, karena kita ingin dorong kerja pemerintah agar lebih sustainable,” ucap Agus.

()

()