Home Peristiwa Internasional PM Muhyiddin: Jika Menang di Sabah, Malaysia Akan Segera Gelar Pemilu Nasional

PM Muhyiddin: Jika Menang di Sabah, Malaysia Akan Segera Gelar Pemilu Nasional

Perdana Menteri (PM) Muhyiddin Yassin mengatakan Malaysia akan segera menggelar pemilu nasional jika koalisi Perikatan Nasional memenangkan pemilu lokal di wilayah Sabah. Pemilu Sabah sendiri dijadwalkan akan berlangsung pada 26 September mendatang.

“Seandainya kita menang di Sabah, kita akan bergegas mengadakan pemilu nasional (PRU). Sebab Pemilu Sabah adalah bagian yang paling penting,” ujar Muhyiddin dalam ceramahnya di Sabah, Jum’at (18/9) lalu.

Presiden Partai Bersatu ini pun tak segan meminta dukungan kepada masyarakat Sabah. Muhyiddin mengklaim dirinya akan membawa wilayah Sabah menuju kemajuan dan kejayaan.

“Isyarat mesti diberikan oleh orang Sabah, bahwa kami mendukung PN dan kami mau Muhyiddin terus menjadi Perdana Menteri. Kami pun mau Malaysia terus maju dan berjaya, dan satu-satunya cara untuk menang adalah bersama saya,” kata dia seperti dikutip dari Malaysiakini.

Pernyataan ini adalah kali pertama PM Muhyiddin menunjukkan kecenderungan untuk melaksanakan pemilu nasional. Pasalnya dalam kurun waktu 6 bulan belakangan, Muhyiddin tak pernah membicarakan perihal pemilu.

Sebagaimana diketahui, Muhyiddin Yassin menjadi Perdana Menteri usai Mahathir Mohamad mengundurkan diri pada Februari lalu. Koalisi politik Perikatan Nasional yang mendukung pemerintahan Muhyiddin Yassin dianggap tidak memiliki legitimasi politik karena tidak dipilih melalui mekanisme pemilihan umum.

(Megel Jekson)