Novanto masuk DPO. (ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD, menyatakan tidak pernah meragukan kemampuan Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Dengan kemampuan yang dimilikinya, ia meyakini korps Bhayangkara ini akan segera membekuk tersangka kasus korupsi e-KTP yang tengah menghilang, Setya Novanto.

“Memang agak menggelisahkan ketika kemudian Novanto hilang jejaknya. Tetapi saya kira menangkap Novanto bagi aparat polisi tidak susah karena reputasi polisi sangat luar biasa,” ucap Mahfud di Mahfud MD (MMD) Initiative, Jakarta Timur, Kamis (16/11).

Keberadaan Setnov sendiri tak diketahui sejak semalam (15/11), ketika KPK dan Polri berupaya menjemput paksa pria yang menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Ketua DPR RI ini.

Lebih lanjut, Mahfud menegaskan jika pihak kepolisian telah membuktikan kemampuannya dalam beberapa kasus yang lebih tinggi kesulitannya jika dibandingkan kaburnya Setnov. Salah satu contohnya adalah penangkapan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Nazarudin, yang juga menghilang saat KPK tengah melakukan penyidikan kasus korupsi Hambalang, pada beberapa tahun lalu.

Selain itu, Mahfud juga menyebutkan adanya penangkapan napi yang kabur, bahkan tak sampai 24 jam setelah orang tersebut kabur dari penjara. Pun demikian dengan kasus mutilasi yang bagian tubuh dari korban ditemukan terpisah di beberapa kota di Jawa Timur, pada tempo hari, telah berhasil terungkap oleh pihak kepolisian.

“Sehingga saya yakin kalau polisi mau menangkap Novanto, itu bukan hal yang sulit dengan profesionalisme dan keahlian polisi yang ada saat ini,” tutupnya.

Laporan: Teuku Wildan A

(Nebby)