Surabaya, Aktual.com – Kapolsek Wonokromo Surabaya, Kompol Srikandi, berhasil mengungkap jenis narkotika golongan satu dengan jenis tembakau Ganesha berlogo gajah. Jenis tembakau ini sudah diuji dilaboratorium dan hasilnya cukup mencengangkan.

“Sudah kita uji lab. Ternyata mengandung tembakau sintetis. Efeknya lebih hebat dari tembakau gorila. Tiga kali hisap, sudah bisa berhalusinasi,” katanya di Surabaya, Kamis (2/2).

Arisandi menyampaikan, tembakau Ganesha berlogo gajah merupakan tembakau sintetis yang baru masuk di Kota Surabaya. Hasil lab menyebutkan termasuk jenis narkotika golongan satu.

Pelaku dari pengedar tembakau gajah tersebut adalah Hilman Ainul Fattah (22), warga Tambak Sari Surabaya. Hilman ditangkap di Taman Bungkul Surabaya setelah melakukan transaksi jual beli tembakau dalam bentuk sachetan.

Dari penangkapan Hilman, polisi melakukan pengembangan dengan menggeledah rumahnya dan menemukan 20 sachet tembakau yang sama.

Sementara dari pengakuan Hilman, ia mendapatkan tembakau tersebut dari media sosial instagram: Rea_Sby, akun milik orang Jakarta. Ia membelinya seharga 450 ribu rupiah per lima gramnya.

“Ini saya jual lagi. Saya campur dengan tembakau biasa. Per sachet saya jual 500 ribu. Kalau dibikin per batang, saya jual 35 ribu.” kata Hilman.

(Ahmad H Budiawan)

()