Timika, aktual.com – Jajaran Kepolisian Resor Mimika, Papua meningkatkan pengamanan menjelang hari ulang tahun organisasi Komite Nasional Papua Barat/KNPB.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gede Era Adhinata di Timika, Senin (18/11), mengatakan peningkatan pengamanan di wilayah Timika tidak saja mengantisipasi HUT KNPB yang jatuh pada 19 November tetapi juga untuk memberikan jaminan rasa aman kepada warga setempat.

“Bukan saja untuk mengantisipasi itu, tapi patroli-patroli yang kita lakukan harus lebih intensif terutama pada jam-jam keramaian dan di lokasi-lokasi rawan gangguan kamtibmas seperti pencurian supaya masyarakat Timika merasakan kehadiran polisi di tengah-tengah mereka,” kata AKBP Era Adhinata.

Kapolres mengakui bahwa organisasi KNPB selama ini memperjuangkan ideologi yang bertentangan dengan NKRI.

Lantaran itu, katanya, jika simpatisan dan anggota KNPB melakukan aktivitas yang bertentangan dengan prinsip-prinsip dasar NKRI maka aparat akan mengambil tindakan tegas.

“Tentunya kami akan melakukan penindakan apabila mereka betul-betul melakukan pelanggaran terhadap hukum positif yang berlaku di negara ini,” ujar AKBP Era Adhinata.

Selain itu, pihak TNI dan Polri di Mimika juga terus mendeteksi pergerakan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata/KKSB yang dilaporkan sudah masuk ke wilayah Distrik Tembagapura.

Kapolres mengatakan telah menyebarkan anggotanya guna mendeteksi pergerakan KKSB di wilayah Kabupaten Mimika.

Ant.

(Zaenal Arifin)