Ilustrasi
Ilustrasi

Mentok, aktual.com – Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan “life jacket” kepada kelompok nelayan di Desa Beruas, Kecamatan Kelapa sebagai bentuk kepedulian terhadap keselamatan para pencari ikan di daerah itu.

“Bantuan kami salurkan sebagai upaya meningkatkan kepedulian keselamatan kerja, terutama mereka yang biasa beraktivitas di laut,” kata Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan di Mentok, Sabtu.

Menurut dia, penggunaan jaket berpelampung berwarna cukup mencolok itu akan memudahkan orang lain melihat saat terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan saat nelayan melaut.

Melalui penyaluran bantuan dengan bertatap muka langsung dengan para nelayan juga diharapkan bisa meningkatkan hubungan silaturahim antara polisi dengan masyarakat.

“Kesempatan seperti itu kami gunakan juga untuk memberikan sosialisasi berbagai aturan dan upaya antisipasi dini terhadap berbagai pelanggaran, terutama yang berkaitan dengan aktivitas para nelayan,” katanya.

Aktivitas di laut dinilai potensial terjadi pelanggaran hukum, mulai dari penangkapan ikan menggunakan alat tangkap ilegal, pintu masuk barang ilegal, jalur peredaran narkoba dan aksi kejahatan lain.

“Para nelayan kami harapkan bisa menjadi mitra yang proaktif dalam memberikan berbagai informasi situasi dan perkembangan di laut, saat mereka melaut,” ujarnya.

Pola pendekatan dengan masyarakat akan terus dilakukan sebagai upaya mewujudkan polisi yang profesional, modern dan terpercaya

Pada sambang nelayan di Desa Beruas dan Pusuk, Kecamatan Kelapa, pada Jumat (6/3) sore, para personel juga membagikan lampu senter kepada para peserta.

“Pola kemitraan ini menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap polisi,” katanya.

(Eko Priyanto)