Penyandang disabilitas menggunakan hak pilih pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017 di TPS 07 Kelurahan Cawang, Jakarta, Rabu (15/2). Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar pemilihan umum kepala daerah secara serentak di 101 daerah pemilihan. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/ama/17.

Jakarta, Aktual.Com – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol Tito Karnavian mengklaim proses pemilihan kepala daerah serentak di 101 daerah berjalan relatif aman. Hingga kini, Tito mengakui belum menerima satu laporan pun tentang adanya gangguan yang terjadi dalam Pilkada serentak ini.

“Saya dapat laporan dari seluruh Kapolda di Indonesia semua relatif aman terkendali,” kata Kapolri Tito Karnavian di Tempat Pemungutan Suara IV di Gambir, Jakarta, Rabu (15/2).

Lebih lanjut Tito mengatakan pihaknya pada Pilkada Serentak 2017, total kekuatan aparat yang diterjunkan mencapai 325 ribu personel. Jumlah itu terdiri dari 150 ribu personel polisi, 15.000 anggota TNI, dan sisanya anggota perlindungan masyarakat (Linmas).

Khusus untuk daerah Aceh Tenggara, Tito mengatakan, ada penambahan personel karena situasi . “Ada beberapa intimidasi tapi sudah ditambah pasukan,” jelas Tito.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan menyatakan proses Pilkada di DKI Jakarta berjalan aman. Hingga pukul 11.00 WIB tadi kepolisian belum menerima adanya laporan penekanan atau pun politik uang.

“Kalau ada pasti dilakukan penangkapan. Tim operasi tangkap tangan money politic sudah sampai ke tingkat Polsek/ kecamatan,” kata Iriawan.

Hari ini merupakan pelaksanaan Pilkada serentak yang diikuti 101 daerah mulai dari tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

Pewarta : Teuku Wildan

(Bawaan Situs)