Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri saat bertemu di kediaman Mega jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019). AKTUAL/IST

Jakarta, Aktual.com – Analis politik Pangi Syarwi Chaniago menilai kehadiran Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dalam Kongres PDI Perjuangan 8-10 Agustus 2019, di Bali, akan menunjukkan sejumlah sinyal politik terkait koalisi.

“Kehadiran Prabowo di Kongres PDIP adalah sinyal Gerindra hampir dipastikan masuk ke gerbong koalisi pemerintah Jokowi,” kata Pangi di Jakarta, Senin (5/8).

Pangi mengatakan kehadiran Gerindra dalam koalisi, kemungkinan besar merupakan wujud kabinet plus-plus yang selama ini kerap diutarakan.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting itu menilai baik Jokowi, Prabowo dan Megawati, saat ini sedang memainkan power interplay, di mana setiap kekuatan politik menjajaki satu sama lain.

Kekuatan politik itu mencoba untuk membangun satu konsensus dalam rangka formasi pemerintahan yang dianggap bisa merepresentasikan kepentingan politiknya secara efektif, bekerja sama dan bernegosiasi untuk kepentingan bangsa yang jauh lebih besar.

(Abdul Hamid)