Gorontalo, aktual.com – Gerakan Pramuka di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, melakukan terobosan dengan melakukan bakti sosial dalam upaya menekan angka kemiskinan di daerah itu.

“Saya nyatakan terobosan, sebab kegiatan bakti sosial ini perdana dilakukan setelah dilantiknya kepengurusan yang baru untuk masa bakti 2019-2024, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Gorontalo Utara,” ujar Ketua Kwarcab, Ridwan Yasin, di Gorontalo, Sabtu (23/11).

Pria yang juga menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) itu, meyakini kegiatan bakti sosial menjadi bagian penting dalam upaya menekan angka kemiskinan.

“Meski bantuan yang diserahkan jumlahnya terbatas, namun saya yakin warga penerima merasa senang sebab dapat meringankan beban mereka meski hanya dalam beberapa hari saja,” ujar Ridwan.

Bakti Sosial tersebut digelar di Kecamatan Tolinggula atau wilayah ujung barat kabupaten tersebut, bekerja sama dengan Saka Bakti Husada Dinas Kesehatan setempat, juga dihadiri Camat Tolinggula, serta para pengurus Kwarcab Gorontalo Utara.

Kehadiran Kwarcab Gorontalo Utara di tengah-tengah masyarakat, kata Ridwan, membuktikan konsistensi dan kesungguhan organisasi tersebut dalam membangun sinergi dengan pemerintah daerah untuk menekan angka kemiskinan.

“Pramuka sangat bersemangat, termasuk memotivasi masyarakat khususnya warga kurang mampu untuk senantiasa bersemangat menjalani hari-harinya, bertekad keluar dari kemiskinan serta menjalani kehidupan dengan gembira dan ceria,” tutur Ridwan.

Sebanyak 200 warga kurang mampu di kecamatan tersebut mendapatkan paket bantuan sembilan bahan pokok (sembako).
Bakti sosial juga menghadirkan 300 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mendapatkan bantuan makanan tambahan, ditambah dengan memotivasi pelajar untuk menjalani hidup penuh semangat, sehat, disiplin, rajin, senantiasa bergembira, menjadi anak yang sopan.

Mereka juga diajak menjadi generasi muda andalan daerah yang akan menciptakan prestasi melalui kemandirian, suka bermusyawarah serta menjadi pribadi yang tangguh dan mampu berkarya di berbagai bidang.

Ridwan mengaku, sangat bersyukur melihat antusias warga yang membanjiri kegiatan tersebut dan berencana menggelar kegiatan serupa di kecamatan lainnya.

“Kami akan berupaya menggelar kegiatan berulang di Kecamatan Tolinggula, juga kecamatan lainnya, dengan harapan bantuan yang diserahkan dapat menjangkau seluruh warga kurang mampu,” ucapnya. [Eko Priyanto]

(Zaenal Arifin)