Jayapura, Aktual.com – Indonesia kembali menorehkan prestasi gemilang dalam industri teknologi informasi melalui peluncuran gadget terbaru berupa smartphone dan Laptop dengan Brand TOP.ID, dan 4 Aplikasi Canggih yaitu Papua Pacific Park, Bersih SampahContainder, Apli kasi Pendamping Desa, dan Mangament Talenta Papua (Mantap) buatan anak muda Papua.

Peluncuran langsung dilakukan oleh Presiden Joko Widodo sendiri, bersamaan dengan peresmian Papua Youth Creative Hub (PYCH) pada Selasa, (21/3).

Gadget TOP.ID menunjukkan inovasi teknologi informasi digital yang lebih maju dan siap bersaing di kancah nasional, bahkan internasional dari tanah Papua.

Untuk mendukung karya tersebut, saat ini produk Gadget TOP.ID yang memiliki tingkat TKDN hingga 51% sudah terdaftar HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) disampaikan langsung oleh Menkumham Yasonna Laoly dengan kepada Kepala BIN, Budi Gunawan dalam kesempatan tersebut.

ÔÇťApresiasi diberikan pada Produk Gadget TOP.ID, hal ini bisa memberikan inspirasi bagi anak muda Papua dan wila yah lain di Indonesia bahwa kita mampu berdaya dan menciptakan teknologi dan inovasi canggih. Selanjutnya, diharapkan ideide dan inovasi baru dapat turut dimunculkan untuk 4 wilayah lainnya yaitu Aceh, Papua Barat, Maluku, dan NTT untuk membangun Youth Cr eative Hub sesuai arahan Presiden,” ujar Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan, selaku Kepala BIN.

Presiden Jokowi bersama dengan anak-anak muda Papua yang telah berhasil menciptakan Gadget Canggih dengan Brand TOP.ID.

Selain itu, dalam pidatonya, Presiden Jokowi turut menyampaikan kebanggaannya terhadap produk kreasi dan inovasi dari anakanak Muda Papua yang dihasilkan oleh PYCH ini.

Dengan adanya PYCH dan produk kedepannya diyakini anakanakproduk- unggulan ini bahkan Papua bisa melampaui kreativitas dan inovasi teknologi dibandingkan dengan anak-anak lain di Indonesia.

(Wisnu)