Malang, Aktual.com – ProFauna Indonesia mengabarkan ada tiga jenis primata Indonesia yang terancam punah, yakni Orangutan Sumatera (Pongo abelii), Kukang Jawa (Nycticebus javanicus), dan Simakobu (Simias concolor).

“Berdasarkan penelitian yang dilakukan lembaga konservasi dunia (IUCN) selama 2014-2016, ada 25 jenis primata di dunia terancam punah dan tiga diantaranya jenis primata yang hidup dan berkembang di Indonesia,” kata juru kampanye ProFauna Indonesia Swasti Prawidya Mukti di sela aksi memperingati Hari Primata 2016 di Malang, Jawa Timur, Sabtu (30/1).

Ia mengemukakan saat ini lebih dari 70 persen primata di Indonesia terancam punah akibat perburuan. Bahkan, perburuan yang dilakukan saat ini sudah bergeser, kalau dahulu berburu untuk memenuhi kebutuhan hidup, sekarang sebagian besar orang berburu primata untuk kesenangan.

Perilaku yang menunjukkan kekejaman ini, lanjutnya, menunjukkan kegagalan pendidikan kesadaran lingkungan dan rendahnya tingkat moralitas sebagain warga bangsa Indonesia.

Menurut dia, fenomena tesrebut cukup ironis dibandingkan dengan kekayaan dan jenis primata yang ada di Tanah Air. Dari sekitar 600 jenis primata di dunia, sekitar 40 jenis dapat ditemukan di belahan bumi Indonesia, kecuali di Papua dan sebagain Sulawesi yang secara alami hampir tidak ada habitat primata.

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, kata Swasti, tren perburuan primata meningkat dan kegiatan perburuan yang dilakukan masyarakat itu hanya sebagai alternatif hobi. Dan, foto-foto kekejaman terhadap aksi perburuan itu juga banyak diunggah di sosial media.

Menyinggung habitat primata di Indonesia, Swasti mengatakan di Sumatera dan Kalimantan. Sedangkan di Malang dan sekitarnaya ada di Taman Tahura Kota Batu, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan wilayah hutan di Malang selatan.

()