Jakarta, Aktual.com — Kamar Dagang dan industri (Kadin) Indonesia menyayangkan sikap Menteri ESDM, Sudirman Said yang terkesan pesimis terhadap mega proyek listrik 35 ribu mega watt (MW).

Padahal dimata kalangan pengusaha, proyek ini sangat vital. Bahkan terkesan lucu, ketika pengusaha optimis malah pemerintah sendiri pesimis.

“Sangat aneh kalau pemerintah pesimis. Lho, kami saja optimis. Ada apa sih dengan pemerintah ini, program dia sendiri malah pesimis,” tandas Ketua Kadin bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Sandiaga Uno di sela-sela acara diskusi di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (11/2).

Sandiaga juga secara pribadi sangat setuju dengan mega proyek ini, karena bakal berdampak positif terhadap dunia usaha.

“Lho, ini menteri apaan tidak optimis. Jangan lah. Kita harus positif menyanbut proyek ini. Kalau saya pribadi yakin bisa tercapai,” terang dia.

Bahkan dia khawatir kalau proyek ini tidak tercapai malah pengusaha juga yang akan disalahkan. Karena proyek 35 ribu MW memang melibatkan peran swasta.

“Kita harus sama-sama kerja. Dan jangan hanya menyalahkan (pengusaha) nantinya. Pemerintah dan dunia usaha harus siap mewujudkanya,” kata dia.

Untuk itu, Kadin juga mengerahkan perusahaan yang bergerak di bidang tambang batu bara bisa berkontribusi untuk menyukseskan program ini. Termasuk juga dengan perusahaan skala UKM.

Sebelumnya, Menteri Sudirman merasa pesimis dengan proyek 35 ribu MW ini. Menurutnya, di 2019 nanti kemungkinan program ini tidak akan tercapai semua. “Sangat mungkin di 2019 belum selesai semua. Tapi kalau nanti dapat terealisasi 80 persen saja sudah sangat baik,” kata Sudirman pesimis.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Eka