Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto (kiri) bersama Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo (tengah) dan Menhan Prabowo Subianto menggunakan mobil mengecek alutsista di Mabes TNI, Jakarta, Rabu (28/2/2024). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/foc)

Jakarta, Aktual.com – Sebanyak 200 lebih alat utama sistem senjata (alutsista) yang sebagian besar dirakit di dalam negeri dipamerkan di halaman dekat gedung lokasi Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri Tahun 2024 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (28/2).

Alutsista darat tersebut diserahterimakan dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI kepada tiga cabang TNI, yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara, pada sela-sela acara Rapim TNI-Polri Tahun 2024, yang diadakan di Gor A. Yani Mabes TNI.

Deretan alutsista yang diserahkan oleh Kemhan ke TNI pada saat rapat, termasuk 10 unit kendaraan tempur (ranpur) Pandur II 8×8, 10 tank Harimau, 12 unit kendaraan tempur Anoa, tujuh unit ranpur Komodo APC, tiga unit ranpur Badak Canon 90, dan 10 unit kendaraan taktis (rantis) Maung.

Semua kendaraan tempur dan kendaraan taktis yang dipamerkan saat Rapim TNI-Polri Tahun 2024 tersebut sepenuhnya diproduksi oleh PT Pindad di dalam negeri.

Tank-tank Pandur yang diterima oleh TNI hari itu direncanakan untuk memperkuat Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussenif) Komando Pendidikan dan Latihan TNI AD (Kodiklatad), sementara tank Harimau dan panser Badak canon 90 mm akan memperkuat Pusat Kesenjataan Kavaleri (Pussenkav).

Kendaraan Anoa dan Komodo, yang juga diproduksi oleh PT Pindad di Bandung, akan memperkuat Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI. Selain itu, 10 unit Maung V3 akan diserahkan ke tiga cabang TNI, yaitu TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Di tempat yang sama, juga terdapat 80 unit sepeda motor trail listrik khusus militer buatan PT Len Industri. Sepeda motor tersebut kemudian diserahkan kepada TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Polri masing-masing 20 unit.

Selain dari industri pertahanan plat merah, beberapa produk industri pertahanan swasta juga dipamerkan dalam Rapim TNI-Polri Tahun 2024, termasuk empat unit kendaraan khusus bersenjata (armored) 4×4 dari PT Sentra Surya Ekajaya (SSE), tiga unit rantis bersenjata 4×4 dari PT Ralika, tiga unit truk 4×4 bersenjata, dan 20 unit truk berkapasitas 2,5 ton yang keduanya juga dari PT Ralika.

Dalam ruang rapat, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengucapkan terima kasih kepada Presiden atas dukungan pemerintah terhadap pembangunan kekuatan TNI.

“Kami berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberikan dukungan penting dalam pembangunan kekuatan, kemampuan, dan gelar kekuatan TNI, khususnya dalam pengadaan alutsista seperti ranpur dan rantis, kapal perang, pesawat tempur dan angkut, serta persenjataan perorangan maupun kelompok,” ujar Panglima TNI kepada Presiden Jokowi saat rapat.

Presiden Joko Widodo hadir dan memberikan arahan kepada jajaran pimpinan TNI dalam Rapim TNI-Polri Tahun 2024 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, pada hari Rabu.

Setelah acara selesai, Presiden Jokowi meninggalkan lokasi Rapim TNI-Polri, sementara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo melanjutkan untuk memeriksa kesiapan prajurit dan alutsista darat yang dipamerkan di lokasi Rapim TNI-Polri Tahun 2024 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Sandi Setyawan

Tinggalkan Balasan