Jember, Aktual.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Jember melaunching Aplikasi JEKaPeKa (Jember Elektronik Kartu Pencari Kerja). Launching dilakukan oleh Wakil Bupati Jember, KHm Firjaun Barlaman bertepatan dengan pembukaan JMF (Job Market Fair) 2022. Terpantau pada data pencari kerja, atau warga yang sudah mengisi kartu pencari kerja melalui aplikasi ini, sudah lebih dari 600 pencari kerja.

“Aplikasi ini tujuannya untuk mempermudah bagi para pencari kerja. Karena kita saat ini berada di jaman digital. Sehingga tidak harus mendatangi Kantor Disnaker,” ujar Wakil Bupati Jember.
Dalam aplikasi JEKaPeKa yang dilaunching pada acara JMF 2022 yang bertemakan ‘Wes Wayahe Pengangguran di Jember Berkurang” ini, selain ada program untuk pencari kerja, juga dilengkapi dengan program J Pro Dai KaPeKa (Program Dapat Ijazah dan Kartu Prakerja) serta program J Pro Garuda (Program Gagasan dan Ruang Dialektika.

Menurut Kadisnaker Jember Bambang Rudianto, program J Pro KaPeKa ditujukan untuk pelajar SMA sederajat yang akan lulus, dimana saat siswa sudah dinyatakan lulus, yang bersangkutan akan menerima Ijazah sekaligus kartu Pra Kerja.
“Jadi tujuan dari program ini adalah, untuk melakukan pendataan pencari kerja dan mempermudah pencari kerja dalam menemukan pekerjaan yang cocok, selain itu, juga memudahkan pencari kerja untuk mengurus keperluan saat melamat,” ujar Rudy.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)