Kendari, Aktual.com – Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro menyampaikan 80 juta orang Indonesia telah menjalani vaksinasi guna meningkatkan imun tubuh dalam menghadapi pandemi yang hingga saat ini masih terus mengintai.

“Lebih dari 80 juta orang sudah divaksinasi lengkap dan hampir 50 juta orang lainnya sudah mendapatkan dosis pertama,” katanya dalam dialog virtual KPCPEN yang ditayangkan di akun youtube FMB9ID IKP, Rabu (10/11).

Dikatakannya pula dari data penanganan satgas COVID-19, hingga saat ini lebih dari 90 persen warga Indonesia masih taat bermasker.

“Angka 90 persen lebih yang hingga ini masih tetap berdisiplin untuk menggunakan masker di tempat umum,” ujar dia.

Menurutnya, angka tersebut menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya COVID-19 gelombang ketiga.

“Sikap kepahlawanan kita untuk tidak lengah untuk mengantisipasi ancaman gelombang ketiga dengan tetap berdisiplin prokes sambil menyadarkan diri sendiri dan orang di sekeliling kita,” tutur dia.

Selain menggunakan masker, dia juga mengimbau untuk terus menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik membantu mengatasi masuknya kuman di dalam tubuh kita,” demikian Reisa.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)