Jakarta, aktual.com – Rektor Universitas Cenderawasih Apollo Safanfo menyatakan siap bertugas menjadi salah satu panelis dalam debat kandidat calon presiden, keempat yang akan dilaksanakan Sabtu (30/3).

“Saya pribadi sudah siap menjadi salah satu panelis dalam debat kandidat ketiga yang akan dilaksanakan Sabtu (30/3) mendatang,” kata Safanfo, Rabu (27/3).

Ia mengatakan, pemberitahuan menjadi salah satu panelis oleh KPU RI diterima pada Jumat malam (22/3). Sejak itu dirinya menghimpun data dan informasi yang berkaitan dengan debat melalui akademisi dan praktisi yang kemudian dirumuskan menjadi masukan kepada tim panelis debat. Masukan tersebut nantinya akan dirumuskan menjadi pertanyaan kepada calon presiden peserta debat.

“Sebagian data dan informasi sudah dihimpun dan siap untuk diolah bersama tim panelis lainnya,” kata Safanfo yang mengaku saat ini sudah bergabung bersama sembilan panelis lainnya yang diundang KPU RI di Jakarta.

Safanfo mengatakan penunjukan dirinya menjadi salah satu panelis dalam debat capres keempat merupakan kebanggaan bagi Uncen dan Papua sehingga pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin melaksanakan tugas tersebut.

Dalam debat kandidat capres keempat, KPU RI menghadirkan sembilan orang panelis termasuk Rektor Uncen Apollo Safanfo.
Adapun materi atau tema dalam debat tersebut yaitu ideologi, pemerintahan, pertahanan, keamanan dan hubungan internasional.

Ant.

(Zaenal Arifin)