Irma Suryani Chaniago (ist)

Jakarta, Aktual.com – Sejumlah organisasi relawan pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin mendorong Irma Suryani Chaniago untuk masuk dalam bursa pemilihan menteri kabinet jilid II. Bahkan Irma sendiri didorong menjadi Menteri Ketenagakerjaan.

“Nomor satu Irma Suryani Chaniago sebagai Menteri Ketenagakerjaan,” ujar Ketua Pelaksana Konvensi Kabinet Jilid II Harapan Rakyat, Adi Kurniawan, Senin (2/9).

Selain Irma, ada nama Eva Kusuma Sundari Menteri Koperasi dan UMKM, Suprapto Menteri Perhubungan, dan Abdul Razak Wawo Menteri Badan Usaha Milik Negara, hingga Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang diusulkan menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Lalu ada Firman Jaya Daeli sebagai Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Moeldoko menjadi Menko Polhukam, dan Sri Mulyani yang tetap pada posisi sama sebagai Menteri Keuangan.

Menurut Adi, Konvensi digelar untuk menjadi wadah bagi para tokoh yang memiliki kompetensi untuk bisa membantu Jokowi-Ma’ruf dalam menjalankan roda pemerintahan lima tahu ke depan.

“Agar kelompok relawan tidak selalu menjadi penonton dalam penyusunan kabinet. Serta menjadi fasilitator supaya para tokoh yang mempunyai kapasitas dan dedikasi tinggi, yang ingin serta siap menjadi pembantu presiden,” tutur Adi.

(Abdul Hamid)