Palembang, aktual.com – Tiga unit mobil bermuatan ribuan liter cairan disinfektan dikerahkan Dinas Penanggulangan Bencana dan Pemadaman Kebakaran (DPBPK) untuk menyemprot sepanjang jalan protokol Kota Palembang, Senin, dalam upaya menghalau penyebaran virus corona.

Penyemprotan ini menggunakan kendaraan pengusir asap (smoke removal) yang menyasar media dan bahu jalan.

Kepala DPBPK Kota Palembang Dicky Lenggardi Tatung mengatakan, pemerintah kota akan melakukan penyemprotan selama beberapa hari ke depan, dengan menyasar jalan Kota Palembang menyusul semakin meningkatnya ancaman penyebaran virus corona.

“Kami juga ingin memberikan ketenangan ke masyarakat, bahwa upaya-upaya mencegah virus ini berkembang terus dilakukan pemerintah,” kata dia.

Wali Kota Palembang Harnojoyo yang juga memantau kegiatan tersebut mengatakan saat ini pemerintah sangat fokus menangani penyebaran COVID-19 yang bermula dari Kota Wuhan di China.

Pemerintah mengajak semua pihak untuk berperan aktif untuk mencegah agar kondisi ini tidak berkembang menjadi wabah dengan mengurangi aktifitas di luar rumah.

Selain itu, warga juga diminta untuk menerapkan pola hidup sehat, dengan rajin mencuci tangan menggunakan cairan hand sanitizer.

“Semua sumber daya saat ini diarahkan untuk penanganan virus corona, kami harap masyarakat mendukung upaya pemerintah ini dengan seminimal mungkin beraktivitas di luar rumah,” kata Harnojoyo.

(Eko Priyanto)