Masjid Ibnu Batutah yang berada di dalam Komplek peribadatan Puja Mandala, Nusa Dua, Bali. Foto: Bobby Andalan/AKtual.com

Nusa Dua, Aktual.com – Beberapa rombongan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz al-Saud memilih melaksanakan ibadah shalat Jumat di Masjid Agung Ibnu Batutah, kawasan kompleks peribadatan Puja Mandala, Nusa Dua, meski Sang Raja sendiri memilih melaksanakan shalat di dalam Hotel St. Regis.

Di kompleks peribadatan Puja Mandala, Masjid Agung Ibnu Batutah yang menjadi lokasi tempat mereka shalat Jumat, berdampingan dengan Gereja Katolik, Gereja Protestan, Vihara dan Pura. Semuanya berada dalam satu areal milik Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Usai menggelar salat Jumat, salah satu rombongan‎ Raja Salman mengaku terkesima dengan hal tersebut. Pria bernama Rohid Khan itu kagum dengan toleransi antarumat beragama di Indonesia. Ia sendiri mengaku baru melihat masjid berdampingan dengan tempat beribadah umat beragama lainnya hanya di Indonesia.

“Ini pertama kali kita melihat gereja dan masjid berdampingan. Kita dari Saudi Arabia,” kata Rohid usai salat Jumat (10/3).‎

Rohid mengaku tak faham apa alasan masjid dan tempat ibadah umat agama lain disandingkan dalam satu areal kawasan. Namun yang pasti, ia melanjutkan, kompleks peribadatan Puja Mandala adalah tempat yang amat menarik baginya.

‎”Ini pertama kali saya melihat semuanya seperti gereja dan masjid dalam satu lingkungan. Saya tidak mengerti kenapa disandingkan. Tapi ini tempat yang bagus di Indonesia‎,” tutup dia.

Laporan Bobby Andalan, Bali

()