Jember, Aktual.com – Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menegah (Diskopum) menggelar Excellent Expo UMKM Wes Wayahe Fest di Gedung Serba Guna Kaliwates pada tanggal 4-5 Desember 2021.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Jember Ke – 92 Tahun. Kegiatan tersebut diikuti oleh 187 UMKM yang berasal dari penjuru seluruh Kabupaten Jember.

Hal ini mendapat Apresiasi dari Bupati Jember Hendy Siswanto, pada saat sambutannya pada Excellent Expo Bersama Diskop Jember di Gedung Serba Guna Hall Jember,pada Minggu (05/12).

“Saya ucapkan terimakasih kepada penyelenggara dalam hal ini Diskopum,” katanya.

Selain itu, Ia Juga menjelaskan bahwa UMKM merupakan kekuatan dalam membangun jember. “Jadi ini kekuatan kita yang luar biasa, tapi promosi seperti ini belum cukup. Pelaku UMKM juga harus bisa mempromosikan produknya, secara online, dan harus belajar platform digital,” jelasnya.

Bupati menilai UMKM di Jember masih memiliki kesamaan produk antar pengusaha. Sehingga masing-masing dari mereka belum memiliki ciri khas.

Ke depannya Ia menyarankan ke seluruh UMKM di Kabupaten Jember agar membentuk brandnya masing-masing.

“Dalam hal ini Pemkab Jember akan memfasilitasi seluruh UMKM dengan pelatihan. Kita akan melakukan branding UMKM, dan keuntungannya akan diperoleh bagi pelaku UMKM ini sendiri,” tuturnya.

Tak hanya itu, ia meminta masyarakat untuk membeli produk lokal daerah. Karena hal itu dapat meningkatkan perputaran ekonomi warga.

(Aminudin Aziz)

(A. Hilmi)