Wamena, Aktual.com – Delapan bupati di wilayah Pegunungan Tengah, Provinsi Papua yang kini masuk wilayah provinsi baru, Papua Pegunungan, mendukung pagelaran pesta adat dalam rangka menyambut kedatangan Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Nikoluas Kondomo di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua di Wamena, Kamis (17/11), mengatakan dari hasil rapat bersama para bupati, penjemputan Penjabat Gubernur Papua Pegunungan akan dilakukan pada 22 November 2022.

“Kami pemerintah atau delapan bupati akan jemput. Tanggal 22 ada rencana untuk pesta adat penjemputan,” katanya.

Mantan Wakil Bupati Jayawijaya dua periode itu memastikan penjemputan bukan saja dilakukan oleh pemerintah sebab ada keterlibatan masyarakat yang tergabung dalam tim pemekaran provinsi.

Tim itu akan melakukan ritual bakar batu untuk makan bersama dengan Penjabat Gubernur Papua Pegunungan, Nikoluas Kondomo.

“Untuk acara seperti tahapan bakar batu itu dilakukan oleh tim pemekaran provinsi nanti. Direncanakan di Kama, yang akan dilakukan tim pemekaran provinsi, kami pemerintah daerah atau para bupati akan memberikan dukungan pembiayaan,” katanya.

Jhon juga memastikan persiapan kantor gubernur dan rumah Penjabat Gubernur Papua Pegunungan sudah 100 persen siap setelah beberapa hari lalu pemerintah melengkapi beberapa perabot yang kurang.

“Gorden sudah dipasang kemarin jadi kesiapan kantor gubernur kita nyatakan sudah 100 persen. Sudah siap dipakai,” katanya.

Provinsi Papua Pegunungan terdiri dari delapan kabupaten yaitu Jayawijaya yang merupakan ibu kota provinsi, Kabupaten Nduga, Lanny Jaya, Tolikara, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Yalimo dan Kabupaten Mamberamo Tengah.

(Warto'i)