Pedagang mengaku menjelang hari raya Idul Adha 2015 Masehi naiknya harga hewan kurban sapi dipicu oleh semakin tingginya harga Dolar AS terhdap nilai tukar rupiah.

Jakarta, Aktual.com —  Seekor sapi jantan berbobot sembilan kuintal menjadi pemenang kontes hewan unik pada ajang Piala WaliKota Semarang 2015. Rencananya, sapi tersebut dijadikan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1436 H dengan harga dibandrol cukup fantastis mencapai Rp75 juta.

“Ini sapi Jawa yang baru tiga bulan lalu menang lomba hewan unik di Piala Wali Kota Semarang. Apabila ada yang beminat sapi ini dijual Rp75 juta,” kata Rukmin, pedagang hewan kurban di Kecamatan Gunungpati Semarang, Senin (13/9).

Menurut lelaki yang tinggal di Kelurahan Ngijo Gunungpati tersebut, hingga saat ini sapi jantan itu belum ada yang membeli. Ia pun mengaku tak tahu-menahu siapa pemilik sapi tersebut sampai ikut dijual sebagai hewan kurban.

“Saya kurang tahu siapa pemiliknya sapi-sapi ini kualitasnya sangat istimewa. Dia bobotnya 9 kuintal padahal sapi kurban rata-rata berat tubuhnya hanya 4-5 kuintal,” kata pedagang berusia 46 tahun ini.

Sapi Jawa berukuran super jumbo itu, kini rutin diberi asupan vitamin. Tiap hari sapi jawara Piala Wali Kota tersebut juga diberi makan jerami kering yang dicampur katul.

Tak hanya itu saja, Rukmin juga menjual puluhan sapi dan kambing kurban lainnya untuk menyambut Idul Adha 1436 Hirjiah. Sementara ini, ada 12 ekor yang sudah dikirim ke Ibukota Jakarta. Bahkan, empat hari lalu seorang pembeli dari luar kota memborong 14 ekor sekaligus.

“Menjelang Idul Adha, banyak pembeli lokal dan luar kota seperti Jakarta yang memesan hewan kurban di sini. Empat hari lalu saja laku 14 ekor sekaligus,” akuinya.

()

(Eka)