Bandung, Aktual.com — Kompetisi Indonesia ‘Open X-Sport Championship (IOXC) 2015’ yang digelar dari tanggal 2 – 4 Oktober 2015 di Telkom University, Bandung, Jawa Barat, berakhir dengan diumumkannya juara-juara dari berbagai olahraga ekstrim tersebut. Seperti ‘BMX freestyle’, skateboard, ‘Aggressive Inline’, ‘Bboy’, dan basket ‘frestyle’.

Untuk kategori Bboy terdapat lima pemenang dengan empat kategori. Sementara itu, untuk ‘BMX street freestyle’ ada 10 juara yang empat di antaranya dimenangkan dari peserta negara Thailand, Prancis, Malaysia dan Hungaria.

Sedangkan, ‘Aggresive Inline’ terdapat 15 pemenang dan tiga pemenangnya dipilih dalam kategori ‘Best Trick’. Dan, untuk ‘Skate’ dipilih tujuh pemenang yang dimana juara pertamanya dimenangkan oleh negara Jepang. Berlanjut, ke para pemenang ‘Basket Freestyle’.

“Untuk seluruh pemenang dan peserta selamat atas prestasi dan terus pertahankan. Juga pengumuman bahwa arena ‘skate’ ini, mulai hari ini diubah namanya menjadi ‘Taufan Arena’ sebagai bentuk penghargaan terakhir untuk almarhum Muhammad Taufan Munggaran,” kata Prof. Dr. Bambang, selaku Deputi Kepala Bidang Olahraga Petualangan Tantangan, kepada Aktual.com, Minggu (4/10), di Bandung.

Untuk diketahui, kompetisi ‘Indonesia Open X-Sport Championship (IOXC) 2015’ baru saja kehilangan salah satu peserta terbaiknya dari ‘BMX freestyle’, Muhammad Taufan Munggaran yang meninggal karena kecelakaan saat sedang berlatih ‘BMX Freestyle’ di even ‘IOXC’.

“Pertama itu dia jatuh dua kali saat melakukan trik ‘no handler’, tapi dia masih kuat dan bangun lagi. Dan yang terakhir dia coba lagi, posisi udah ‘perfect’ banget, tapi saat ‘no handler’ dia mau nangkep stang cuman posisinya kurang ‘pool’ ke depan, ban belakang nyangkut dan posisi stang sama badan deket banget jadi ketika jatuh ada hantaman keras antara badan sama si stangnya,” timpal Apep, kerabat dekat Taufan di tempat yang sama.

IOXC ketujuh merupakan kali ke dua yang diadakan di Bandung yang sebelumnya diadakan pada tahun 2008 silam. (Laporan Kontributor Aktual.com di Bandung: Vina Fatma)

()