Jakarta, Aktual.com – Mundurnya Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dari jabatannya. Pengunduran diri sontak mengejutkan sejumlah pihak karena bertepatan dengan terpilihnya 5 pimpinan KPK yang baru.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Masinton Pasaribu mengatakan, mundurnya Saut diduga karena gagal menghentikan laju Firli untuk menjadi pimpinan KPK.

“Kan mereka yang paling getol menyerang Pak Firli. Lalu mereka merasa misinya nggak berhasil ya mengundurkan diri,” ucap Masinton di Jakarta, Jumat (13/9).

Di sisi lain, lanjut Masinton, sikap Saut ini juga menjadikan Komisi III ragu atas integritas dan sikap bertanggungjawab sebagai pimpinan KPK. Padahal, kata dia, Saut selama bekerja 4 tahun di KPK ini sudah digaji pemerintah alias dengan uang rakyat.

“Mereka kan digaji negara untuk bekerja profesional, lalu kesempatan itu malah mereka gunakan untuk aktivitas politik menyerang orang. Ketika keinginan mereka tidak terpenuhi lalu mengundurkan diri. Pertanggungjawabkan dong semuanya sampai selesai masa jabatan,” tutur Masinto.

(Abdul Hamid)