Jakarta, Aktual.com – Manajer tim nasional bola basket putra Indonesia Jeremy Imanuel Santoso mengatakan bahwa SEA Games Vietnam hanya menjadi ajang uji coba untuk persiapan menghadapi sasaran utama, yakni FIBA Asia Cup 2022 pada Juli mendatang.

Menurut Jeremy, SEA Games penting sebagai kesempatan mengetahui progres tim yang baru pertama kali dipertemukan bermain bersama skuad yang utuh. Pasalnya, pemain yang diturunkan di FIBA Asia Cup 2022 nanti akan sama seperti yang tampil di SEA Games, yang digelar pada Mei.

“Skuad yang kami kirim ke SEA Games itu akan menjadi skuad di FIBA Asia Cup 2022 supaya bisa melihat progres karena seperti yang kita tahu pemain-pemain seperti Arki Dikania Wisnu, Marques Bolden, dan Derrick Michael belum pernah bermain bersama. Jadi kami perlu tahu progres dari mereka seperti apa,” ungkap Jeremy setelah jumpa pers FIBA Asia Cup di Jakarta, Jumat (1/4).

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) awalnya berencana untuk menurunkan skuad berisikan para pemain timnas muda, yang memperkuat Indonesia Patriots di IBL 2022, untuk tampil di SEA Games Vietnam.

Namun Jeremy memastikan bahwa mereka yang bermain di SEA Games nanti merupakan pemain-pemain terbaik yang dimiliki Indonesia dengan tetap mengkombinasikan antara pemain senior dan pemain muda.

Perbasi baru akan merilis daftar nama pemain untuk SEA Games Vietnam pada pekan depan.

Jeremy mengungkapkan bahwa akan ada pemain-pemain yang kini berkarier di luar negeri untuk kembali ke Indonesia untuk mengikuti latihan bersama mempersiapkan SEA Games dan FIBA Asia Cup.

Pemain-pemain tersebut adalah Derrick Michael yang kini sedang mengikuti NBA Global Academy, pemain naturalisasi yang bermain di NBA G-League Marques Bolden, Brandon Jawato yang bermain di liga basket Jepang, Agassi Goantara yang sedang studi di Spanyol, dan pemain muda Fatih Respati yang tengah menempuh pendidikan di Amerika Serikat.

“Sementara untuk Lester Prosper, dia dipanggil untuk memperkuat timnas 3×3, tapi belum tentu (bisa bergabung) karena dia saat ini masih ada kontrak di Taiwan yang berakhir pada 6 Mei, sementara kami akan berangkat tanggal 8 Mei ke SEA Games,” ucap Jeremy.

Timnas bola basket Indonesia akan melakukan pemusatan latihan mulai 4 April hingga menjelang keberangkatan tim ke Vietnam pada 8 Mei.

Menyoal target di SEA Games, PP Perbasi menargetkan timnas basket 5×5 putra Indonesia dapat menembus final atau setidaknya meraih perak, mengulang pencapaian seperti di SEA Games 2019 Filipina.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)