Jakarta, Aktual.com – Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) menyatakan tidak melakukan kontrak politik dengan pasangan calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan – Sandiaga Uno dalam putaran kedua Pilkada Ibu Kota.

Hal ini ditegaskan oleh Sekjen PAN, Eddy Soeparno kepada awak media di tengah deklarasi dukungan DPP PAN kepada Anies-Sandi.

“Kita tidak ada kontrak politik, kita hanya meminta mereka melayani rakyat dan menjalani pemerintahan secara amanah dan menjadi tauladan bagi rakyat,” ungkap Eddy di kantor DPP PAN, Jakarta, Rabu (22/3).

Menurut Eddy, PAN hanya memberikan sebuah amanah kepada Anies-Sandi untuk menjadi pemimpin yang melayani dan menjaga persatuan masyarakat Jakarta. Amanah, disebutnya, lebih berat dari sebuah kontrak politik.

“Tidak perlu kontrak, amanah itu jauh lebih berat ketimbang kontrak di atas kertas yang tidak ada sanksinya, hanya sanksi sosial yang diberikan,” jelasnya.

Selain itu, Eddy juga menggaris bawahi sifat pemimpin yang dapat menjadi panutan bagi masyarakat Jakarta. Hal ini, lanjutnya, sangatlah penting untuk menjaga keharmonisan masyarakat ibu kota.

“Kami tidak mau lagi memiliki gubernur yang tidak dapat menjadi panutan bagi warganya, jadi yang demikian kami memberikan amanah,” tutupnya.

 

Laporan Teuku Wildan

()