Jakarta, Aktual.com – Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) bergerak melemah di tengah minimnya sentimen positif yang beredar di pasar, baik dari domestik maupun eksternal.

IHSG dibuka melemah 13,80 poin atau 0,22 persen menjadi 6.124,44. Sementara itu kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak turun 3,58 poin atau 0,37 persen menjadi 956,56.

“Sentimen masih didominasi faktor negatif baik dari dalam dan luar negeri, menjadi katalis bagi IHSG melanjutkan koreksi pada perdagangan hari ini,” kata Kepala Riset Valbury Sekuritas Alfiansyah di Jakarta, Rabu (2/10).

Ia mengatakan lembaga pemeringkat Moody’s menyebut korporasi di Indonesia paling rentan terpapar risiko gagal bayar seiring dengan penurunan tingkat pendapatan perusahaan yang berimbas pada pelemahan kemampuan membayar cicilan utang-utangnya.

“Pernyataan dari Moody’s itu dapat menjadi sinyalemen kurang baik dimata investor dan menjadi pertimbangan pelaku pasar dalam berinvestasi terutama emiten-emiten yang memiliki tingkat utang yang besar,” katanya.

(Abdul Hamid)