Jakarta, Aktual.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam laman resminya menyatakan pada hari Jumat (31/12) gempa kembali menggetarkan sejumlah wilayah di Indonesia.  

Untuk wilayah pertama yang digetarkan gempa yakni wilayah Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Kemudian diikuti wilayah Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. 

Bahkan di wialyah tersebut  gempa terjadi hingga 3 kali di waktu yang berbeda-beda. Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 4,8 dengan kedalaman 10 kilometer.

Tak hanya di wilayah Maluku, gempa juga terjadi di wilayah Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. BMKG menyatakan, gempa juga dirasakan MMI (Modified Mercalli Intensity) II di Muara Enim dengan kekuatan magnitudo 3,7 dengan kedalaman 5 kilometer.

BMKG juga mengatakan bahwa gempa juga terjadi di wilayah Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Gempa terjadi hingga tiga kali.

Gempa selanjutnya terjadi di wilayah Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah Gempa ini berkekuatan magnitudo 5 dengan kedalaman 87 kilometer.

(Andy Abdul Hamid)