Jakarta, aktual.com – Pernahkah kamu melihat ayunan yang melayang tinggi di atas lembah seperti di Bali? Sekarang kamu bisa mencobanya di Jogja! Ayunan Langit Watu Jaran adalah salah satu tempat wisata terbaru di Kulon Progo. Dengan biaya yang lebih murah daripada di Bali, Ayunan Langit Watu Jaran menghadirkan wisata mengasyikkan sekaligus menantang.

Jika Anda berburu hotel di Jogja, jangan lupa memasukkan Ayunan Langit Watu Jaran ke jadwal wisata.

Aktivitas di Ayunan Langit Watu Jaran
Ayunan Langit Watu Jaran mengajakmu berayun di ketinggian sekitar 800 meter. Ayunannya berada di pinggir tebing dengan pemandangan perbukitan yang indah. Ayunan ini terikat pada ujung sebuah palang yang tersambung dengan tiang vertikal. Petugas akan mengikatmu dengan tali pengaman sebelum berayun.

Setiap pengunjung boleh berayun selama lima hingga 10 menit. Ayunannya hanya berupa dudukan datar serta tali pegangan, sehingga rasanya cukup menegangkan walau sudah ada tali pengaman. Petugas akan membantu mengambil fotomu saat kamu sedang berayun. Jika diambil dari titik yang tepat, fotomu akan terlihat seolah kamu melayang di udara hanya dengan sepotong bilah ayunan dan tali tipis.

Tarif untuk sekali berayun adalah sekitar Rp30.000 (Rp10.000 untuk tiket masuk dan Rp20.000 untuk ayunan). Harga ini sudah termasuk asuransi keamanan standar untuk setiap pengunjung. Tarifnya mungkin meningkat saat musim puncak karena pengelola harus selalu menjaga ayunan dalam kondisi prima.

Apakah Ayunan Langit Aman?
Berayun di atas tebing terdengar menakutkan, dan Anda mungkin mencemaskan soal keamanannya. Akan tetapi, pihak pengelola Ayunan Langit Watu Jaran telah menyiapkan berbagai solusi keamanan. Ayunan ini terbuat dari material antikarat yang tahan terpaan hujan, angin, dan debu. Pengelola selalu memeriksa kondisinya, dan berkomitmen untuk mengganti ayunan setiap tiga tahun.

Pengunjung di bawah usia dewasa juga dilarang untuk menaiki ayunan. Larangan yang sama berlaku untuk pengunjung yang sedang hamil atau memiliki riwayat penyakit jantung, anemia, dan epilepsi. Selain petugas keamanan, petugas SAR Jogja juga ditempatkan di lokasi wisata.

Alamat dan Jam Buka Ayunan Langit
Ayunan Langit Watu Jaran berlokasi di Desa Wisata Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Anda dapat mencapainya dengan berkendara selama sekitar 60 menit dari pusat Kota Jogja. Akses ke Ayunan Langit masih agak kasar, sehingga pengelola menyediakan angkutan gratis berupa ojek untuk pengunjung.

Jika menggunakan kendaraan sewaan atau pribadi, Anda bisa mengikuti jalur utama yang menghubungkan Kota Jogja dengan Kabupaten Kulon Progo. Ikuti jalan menuju ke Gua Kiskendo, lalu ambil arah ke barat hingga Anda menemukan jalur ke Gua Kidang Kencana. Ikuti papan petunjuk ke arah Ayunan Langit.

Ayunan Langit Watu Jaran buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00. Akan tetapi, pengelola bisa menutupnya lebih cepat jika cuaca buruk, ada perbaikan, atau pengunjung jauh lebih banyak dari biasa.

Solusi Hotel Murah di Jogja
Ayunan Langit Wayu Jaran memang menyenangkan untuk ukuran wisata murah. Lengkapi wisata seru ini dengan booking hotel lewat Airy. Anda bisa mendapatkan kamar dengan fasilitas TV, kamar mandi berpancuran, air panas, air mineral, AC, dan Wi-Fi, tetapi dengan tarif cukup terjangkau.

Dapatkan kemudahan pemesanan dan pembayaran dengan cara mengunduh aplikasi Airy Rooms. Aplikasi ini tersedia untuk ponsel Android maupun iPhone. Cara pembayarannya juga praktis, misalnya lewat transfer bank dan kartu kredit.

Nikmati keseruan berayun di ketinggian dengan mengunjungi Ayunan Langit Watu Jaran. Pilih Airy sebagai solusi akomodasi murah selama kamu berada di Jogja.

(Zaenal Arifin)