Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers di sela peresmian sejumlah infrastuktur industri keuangan di Ibu Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024). (ANTARA/M Solih Januar)

Jakarta, aktual.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimis bahwa IKN akan menjadi kota yang hidup dalam satu dekade ke depan.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Jokowi setelah melakukan peninjauan lapangan upacara dan Istana Presiden di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada hari Kamis (29/2).

“Kita perkirakan dalam 10 tahun kota ini akan menjadi kota yang hidup, yang dihuni oleh masyarakat kita,” katanya.

Presiden Jokowi berencana untuk berkantor di IKN segera setelah infrastruktur transportasi di IKN selesai dibangun.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dijadwalkan akan berkantor di IKN mulai pertengahan tahun 2024.

“Pak Basuki Juni, Juli. Saya nunggu airport-nya jadi, jalan tolnya jadi. Kalau jalan tolnya jadi, airport-nya jadi (berkantor di sini),” katanya.

Terkait dengan pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke IKN, Presiden menyatakan bahwa pemindahan tersebut akan dilakukan secara bertahap seiring dengan persiapan fasilitas pendukung bagi ASN.

“Misalnya, perumahan yang paling penting, kemudian sekolah untuk anak-anak beliau-beliau yang pindah ke sini, rumah sakit kalau ada yang sakit misalnya. Sehingga semua ini harus mengelola, manajemen seperti ini tidak gampang. Ini yang sedang kita siapkan,” pungkasnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Sandi Setyawan

Tinggalkan Balasan