Jakarta, Aktual.com – Sejumlah tenaga kesehatan seperti dokter, perawat maupun apoteker divaksin Covid-19 di lobby Istana Merdeka Jakarta, Rabu (13/1).

Salah seorang perwakilan bidan, Dr. Ade Zubaedah mengapresiasi vaksin Covid-19 kepada dirinya.

“Saya mendapat kesempatan pertama untuk divaksinasi dan mudah-mudahan ini menjadi motivasi untuk semua bidan siap untuk divaksin,” kata Ade Jubaedah yang menjabat sebagai Sekjen Ikatan Bidan Indonesia dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (13/1).

Ia mengajak, semua bidan di seluruh Indonesia untuk siap divaksin. “Begitu juga untuk masyarakat jangan takut untuk divaksin,” harapnya.

Selain tenaga kesehatan, ┬áJuru Bicara Pemerintah Penanganan COVID-19 (Jubir Satgas COVID-19) dr. Reisa Broto Asmoro juga ikut vaksinasi di Istana Merdeka. “Saya akan divaksin oleh vaksinator wanita,” jelasnya.

Diketahui, 1,5 juta dokter, perawat, bidan dan tenaga kesehatan lainnya sebagai pihak yang pertama mendapatkan vaksin Covid-19, setelah itu vaksin kepada masyarakat.

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Erick Thohir mengatakan  para tenaga kesehatan ini adakah garda terdepan dalam penanganan Covid-19 dan memiliki risiko paling tinggi terpapar karena harus berinteraksi langsung dengan masyarakat.

“1,5 juta ini juga harus divaksinkan duluan, disuntik duluan karena beliau pahlawan. Karena itu kalau bahan baku sudah bisa diproduksi, ini akan jadi skala prioritas berdasarkan data riil untuk siapa yang dikedepankan divaksin dulu seperti dokter dan perawat yang jadi garda terdepan apalagi yang akan divaksin,” kata Erick dalam konferensi pers virtual, Kamis (3/9).

(Warto'i)