Jakarta, Aktual.com – Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2020 dihadiri oleh 435 anggota yang terdiri atas 161 anggota hadir secara fisik di Gedung Parlemen Senayan dan 274 anggota mengikuti sidang secara virtual.

“Sesuai catatan daftar hadir yang disampaikan Sekretariat Jenderal, sampai saat ini telah hadir secara fisik 161 anggota dan kehadiran virtual 274 anggota, yang diundang hadir pada hari ini baik yang fisik maupun virtual dan telah menandatangani daftar hadir,” kata Ketua MPR Bambang Soesatyo dalam sambutannya di Jakarta, Jumat (14/8).

Berdasarkan ketentuan pasal 66 ayat 5 Peraturan Tata Tertib MPR, pasal 281 ayat 1 dan pasal 254 ayat 5 Peraturan Tata Tertib DPR RI, serta pasal 264 ayat 5 Peraturan Tata Tertib DPD RI, Sidang telah memenuhi syarat untuk dibuka, tambah Bambang.

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono juga mengikuti Sidang Tahunan secara virtual melalui sambungan telekonferensi.

Sidang Tahunan kali ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat di tengah pandemi COVID-19. Presiden Joko Widodo, Wapres Ma’ruf Amin, seluruh pimpinan dan anggota Sidang menerapkan jarak fisik dan mengenakan masker selama hadir di Gedung Parlemen Senayan.

Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dimulai pada Jumat pagi pukul 09.00 – 11.00 WIB, yang dimulai dengan agenda pembukaan dan pidato pengantar oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Acara dilanjutkan dengan pidato pengantar Sidang Bersama DPR dan DPD oleh Ketua DPR Puan Maharani, sebelum Pidato Presiden Joko Widodo. (Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)