Ekonon Senior, Rizal Ramli saat diskusi dengan tema “Indonesia Perlu Pemimpin Optimis yang Bawa Perubahan” di gelar di Tebet, Jakarta Selatan, Senin ( 25/2/2019). Rizal mengungkapkan bahwa penurunan angka kemiskinan di era Jokowi – JK menunjukan paling rendah dari era kepemimpinan semua presiden sebelumnya sejak reformasi. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Ekonom Senior dan juga Mantan Menko Maritim Rizal Ramli mengatakan bahwa sebanyak tujuh partai politik dan para anggota DPR ketakutan dengan lembaga antirasuah tersebut.

“Makanya saya gak aneh.. tujuh partai politik ini mendukung perubahan ini karena mereka khawatir ditangkep semua. Jadi yang khawatir bukan investor, pejabat dan DPR,” ujarnya, ditulis Kamis (26/9).

Menurutnya ada sisi lain yang harus diperbaiki dalam sistem ekonomi di Indonesia dan jangan mudah mengidentifikasi masalah.

“Ini harus clear dulu, jangan-jangan kita salah mengdiagnosa masalah dengan kasih solusi masalah yang berbeda. Karena masalah paling besar soal korupsi di Indonesia, adalah ‘politic corruption’ atau korupsi yang dilakukan oleh para pejabat. Karena money politics,” paparnya.

Lebih lanjut RR mengungkapkan bahwa investor sangat menyukai pemerintahan yang bersih dari korupsi, sehingga tidak ragu menanamkan modalnya di Indonesia.

“Saya baca di media, ada pejabat yang katakan KPK menghambat investasi, ini kok dimana logikanya… kalau pemerintahannya kerjanya meras, korup justru mereka (investor) malas,” tukasnya.

(Abdul Hamid)