Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akhirnya datang ke gedung KPK, Jakarta, Selasa (12/4/2016). Kedatangan Ahok ke KPK untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pembelian lahan RS Sumber Waras.

Jakarta, Aktual.com — Sosok Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok belum juga keluar dari gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. Sudah sembilan jam orang nomor satu di ibu kota itu dimintai keterangan oleh penyelidik lembaga antirasuah.

Pantauan Aktual.com di lapangan, para pendamping Ahok baik itu ajudan ataupun stafnya masih santai menunggu di pelataran gedung KPK. Belum ada tanda-tanda bahwa Ahok telah selesai diperiksa.

Entah apa yang mau dikorek penyelidik KPK dari Ahok, hingga sembilan jam sosoknya belum terlihat keluar. Namun, jika merujuk pada pernyataan pimpinan KPK Agus Rahardjo, bahwa pihak memang akan mengkonfirmasi apa yang menjadi hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan.

‎”Pemeriksaan Ahok terkait banyak hal. Banyak hal yang akan dikroscek. Kami kan sudah megang data audit dari BPK. Kemudian ditanyakan apakah yang bersangkutan menjalankan aturan-aturan yang yang digunakan atau mungkin pak Ahok punya bantahan dari sudut lain,” ujar Agus di gedung KPK, Selasa (12/4).‬

Sekedar informasi, sejak September 2015 lalu KPK telah menaikan status kasus pengadaan tanah RS Sumber Waras masuk ke tahap penyelidikan. Sekitar tiga bulan setelahnya, BPK merampung audit investigasi untuk kegiatn milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini.

Dalam auditnya, BPK menemukan enam penyimpangan dalam pengadaan tanah RS Sumber Waras mulai dari tahap perencanaan hingga penyerahan hasil. Yang kemudian disimpulkan oleh BPK bahwa pengadaan tersebut menimbulkan kerugian negara yang cukup besar.

(Wisnu)