Bakal Calon Gubernur DKI Rizal Ramli bersama Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Patrio, menjawab pertanyaan wartawan usai keduanya bertemu di kantor Ekomando di Jalan Cipinang Indah Raya 1 No 1, Cipinang, Jakarta Timur, Selasa (13/9). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahmi jelang Pilkada DKI 2017. AKTUAL/TINO OKTAVIANO

Jakarta, Aktual.com – Pengamat komunikasi politik asal Universitas Airlangga Surabaya Suko Widodo menilai Eko Patrio berpeluang memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Nganjuk pada 2018.

“Salah satu indikasinya adalah kepopuleran Eko Patrio, serta suksesnya dia di dua periode anggota DPR RI dari daerah pemilihan yang di antaranya Nganjuk,” ujarnya ketika dikonfirmasi di Surabaya, Minggu (12/3).

Berdasarkan catatan, aktor komedi dan presenter tersebut menjadi anggota Fraksi PAN DPR RI dua periode (2009-2014 dan 2014-2019) dari Daerah Pemilihan Jawa Timur VIII dengan raihan 69.301 suara.

Bahkan, secara pribadi dibandingkan dengan artis lainnya secara nasional, Eko Patrio yang lahir di Nganjuk itu berada di urutan ketiga perolehan suara tertinggi di bawah Rieke Dyah Pitaloka dari PDIP (255.044 suara) dan Dede Yusuf dari Partai Demokrat (142.939 suara).

Tak itu saja, sebagai putra daerah yang lahir di Nganjuk menjadi modal juga untuk meraih suara terbanyak karena diyakini lebih mengutamakan daerah asalnya.

“Eko pasti sering datang karena daerah pemilihannya di sana. Apalagi sudah bukan rahasia umum bahwa Eko memiliki ‘good relationship’ dengan siapa saja,” ucap akademisi yang juga Kepala Pusat Informasi dan Humas Unair tersebut.

Eko Patrio menjadi salah satu nama yang digadang-gadang menjadi orang nomor satu di Pemkab Nganjuk periode 2019-2024.

Pria bernama asli Eko Hendro Purnomo itu disiapkan oleh Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur karena dianggap memiliki kualitas dan dicintai masyarakat setempat.

Meski masih berlangsung tahun depan, PAN Jatim telah berkoordinasi dengan Eko Patrio secara pribadi untuk maju di Pilkada, namun masih diperlukan pembahasan lebih dalam untuk memastikannya.

“Kami sudah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Eko Patrio pribadi, termasuk partai. Tunggu saja ke depannya seperti apa,” kata Bendahara DPW PAN Jatim Agus Maimun. (Ant)

()