Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil dan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo saat hadir dalam peluncuran aplikasi Propam Presisi di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (13/4/2021). Aplikasi 'Propam Presisi' tersebut diciptakan oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Polri sebagai sarana pengaduan oknum polisi maupun PNS di kesatuan Polri agar bisa melapor lebih cepat, mudah, transparan, akuntabel dan informatif. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Kepolisian Republik Indonesia (Polri) saat ini mengalami peningkatan yang baik. 

Survei Indikator Politik Indonesia mengungkapkan tingkat kepercayaan terhadap Polri meningkat menjadi 80,2 persen. 

“Angka itu merupakan tertinggi sepanjang sejarah survei opini publik dalam satu dekade terakhir,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi ditulis Senin (6/12).

Dikatakan Burhan bahwa tingkat kepercayaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebelumnya selalu mengungguli Polri sepanjang 2014-2018.

Lebih lanjut Burhan mengatakan bahwa tingkat kepercayaan terhadap KPK dan polisi imbang pada 2020. Namun pada 2021 tingkat kepercayaan Polri lebih tinggi dibandingkan KPK. 

Survei tersebut dilakukan pada 2 hingga 6 November 2021 dengan melibatkan 2.020 responden dan menggunakan metode multistage random sampling. Sementara margin of error sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

(Andy Abdul Hamid)