Jakarta, Aktual.com — Tahun 2016 sudah tiba, menandakan harapan-harapan baru di tahun ini akan lebih baik dari tahun kemarin. Tak terkecuali para-para pengamat berharap kondisi ekonomi, politik, sosial, budaya, hukum, keamanan, dan pertahanan Indonesia akan semakin baik.

Menurut Kordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Bonyamin Saiman bahwa pemberantasan korupsi dan penegakan hukum akan mengalami pelambatan. Hal ini dikarenakan KPK pimpinan baru kurang memenuhi harapan.

“Sementara Kapolri juga akan diganti bulan Juli 2016, sehingga akan ada sedikit guncangan terkait sisa-sisa batalnya Budi Gunawan jadi Kapolri,” kata Boyamin kepada Aktual.com, Kamis (31/12).

Untuk Jaksa Agung, Boyamin memprediksikan nampaknya akan terjadi pergantian sehingga program kerja akan memulai dari nol.

“Harapan kedepannya semua tergantung kepada Presiden untuk teguh membawa aparat penegak hukum dalam koridor keadilan tanpa intervensi politik. tidak boleh lagi Presiden membiarkan KPK terkena Kriminalisasi seperti masa lalu,” pungkasnya.

(Arbie Marwan)