Tangerang Selatan, Aktual.com – Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memprediksi, angka pengangguran akan meningkat lima persen ditahun 2021 ini.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangsel, Sukanta mengatakan, prediksi peningkatan angka pengangguran tersebut lantaran adanya kemungkinan keberlanjutan gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat kondisi pandemi Covid-19 pada tahun 2021.

“Kemungkinan ada penambahan angka pengangguran di tahun 2021 akibat pandemi masih terjadi. Sekitar lima persen, cukup tinggi,” ungkapnya, Rabu (3/3).

Menurut data, sambung Sukamta, gelombang PHK pada 2020 telah menghantam sekitar 49 perusahaan dari sejumlah sektor usaha yang ada di Kota Tangsel. Dari jumlah puluhan perusahaan tersebut, sebanyak 1.893 pekerja di Tangsel terdampak PHK. Artinya, jika prediksi peningkatan lima persen pada tahun ini, akan ada hampir 2.000 pekerja di Tangsel yang terkena PHK.

‚ÄúData Disnaker Tangsel juga mencatat sebanyak 82 usaha telah merumahkan karyawannya akibat terdampak kondisi pandemi Covid-19 pada 2020, 905 orang dirumahkan. Umumnya adalah usaha perhotelan. Memang dirumahkan tapi tetap memperoleh gaji,” imbuhnya.(RRI)

(Warto'i)