Petugas menata uang rupiah di Cash Center Bank BNI 46, Jakarta Selatan. Nilai tukar rupiah melemah 22 poin atau 0,16% ke Rp13.390 per dolar AS seiring pergerakan IHSG pada pembukaan perdagangan hari ini, Selasa (4/7/2017). Nilai tukar rupiah melemah 22 poin atau 0,16% ke Rp13.390 per dolar AS seiring pergerakan IHSG pada pembukaan perdagangan hari ini. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Laju rupiah terhadap dollar AS (USD) pada perdagangan hari ini akan kembali berada di zona merah.

Mengutip Bloomberg pada Rabu ini, rupiah dibuka di posisi Rp13.344. Atau melemah tipis dari pembukaan kemarin Rp13.340. Sampai sejam pertama pun masih mengalami pelemahan ke posisi Rp13.343.

Menurut analis pasar uang dari Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada, meski pergerakan USD masih dalam pelemahannya, namun tampaknya laju rupiah juga tidak mampu bertahan lama di zona hijau.

“Adanya sentimen negatif terbarukan dari perkembangan di kawasan Asia Timur membuat pelaku pasar kembali meningkatkan permintaannya atas aset-aset safe haven yang berimbas pada posisi rupiah yang tak laku lagi,” jelas dia di Jakarta, Rabu (30/8).

Selain itu, kata dia, masih adanya imbas dampak negatif dari badai tropis Harvey yang menimpa sejumlah wilayah di AS. Permintaan atas JPY dan EUR pun kembali meningkat.

(Andy AbdulHamid)