Irjen Polisi Tito Karnavian mengucapkan sumpah jabatan sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Selasa (16/3). Irjen Pol.Tito Karnavian sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma/pd/16

Jakarta, Aktual.com – Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebut diundangnya PPATK, KPK, dan Kompolnas ke DPR terkait dengan proses fit and proper test calon Kapolri yang sudah diajukan presiden kepada dewan.

“Terkait proses fit and proper test, kita mengundang PPATK, KPK dan kompolnas untuk meminta rekam jejak calon kapolri. PPATK terkait rekam jejak keuangan calon kapolri. Sedangkan, dari KPK, apakah ada pengaduan masyarakat yang sampai ke KPK terkait dugaan Tipikor,” kata Bamsoet, di Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (21/6).

“Sementara dari Kompolnas, track record selama bekerja di tubuh Polri. Itu yang kemudian kita lakukan siang nanti jam 2,” tambah dia.

Akan tetapi, sambung Bamsoet, komisi bidang hukum juga membuka aduan yang disampaikan masyarakat dalam proses uji kelayakan tersebut.

“Sehingga soal adanya dugaan-dugaan pelanggaran, kita tunggu masukan dari masyarakat,” pungkas politikus Golkar itu.

 

Laporan: Novrizal

()