Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (kiri) dan Menteri Pertahanan China Admiral Dong Jun (kanan) di Beijing, China

Jakarta, Aktual.com – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Pertahanan China, Admiral Dong Jun, di Beijing, China untuk membahas kerja sama di bidang pertahanan, Selasa (2/4).

Prabowo dalam siaran pers resmi Kementerian Pertahanan, Rabu (3/4), menyebutkan pertemuan ini merupakan akhir dari lawatan Prabowo Subianto ke China setelah sebelumnya bertemu presiden China Xi Jinping pada Senin (1/4) dan Perdana Menteri (PM) Li Qiang (2/4).

Dalam pertemuan dengan Dong Jun, Prabowo mengaku membuka peluang untuk membangun kerja sama di bidang pertahanan demi meningkatkan hubungan baik antara Indonesia dan China.

“Indonesia bersedia untuk lebih memperkuat kerja sama pertahanan dengan pihak China dan terus mempromosikan perkembangan hubungan antara angkatan bersenjata kedua negara,” kata Prabowo.

Kerjasama sama di bidang pertahanan itu meliputi latihan tempur bersama, pertukaran teknologi hingga peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan melakukan program pertukaran prajurit.

Di waktu yang sama, Dong Jun menyambut baik rencana kerjasama dengan Indonesia di bidang pertahanan dan keamanan itu.

“Militer China bersedia bekerja sama dengan militer Indonesia untuk mengonsolidasikan kepercayaan strategis mereka, mempromosikan latihan dan pelatihan bersama, serta meningkatkan pertukaran personel untuk membawa kerja sama praktis mereka ke tingkat yang baru,” kutip siaran pers tersebut.

Dia berharap kerjasama di bidang pertahanan itu akan mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan China.

Sebelumnya, Prabowo juga menyampaikan niat dan keinginannya meningkatkan kerja sama antara Indonesia dengan China kepada PM Li Qiang.

“Saya datang dalam niatan ingin menyampaikan keinginan dan harapan saya untuk meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama di antara kedua negara,” kata Prabowo kepada Li Qiang saat keduanya bertemu di Beijing, China.

Dalam pertemuannya itu, Prabowo juga menyampaikan Indonesia dan China punya ikatan yang saling melengkapi.

“Kami melihat hubungan yang saling melengkapi antara China dan Indonesia adalah realitas yang sangat kami syukuri, atas persahabatan dan kepercayaan kepada kami,” kata Menhan Prabowo.

Dalam pertemuan yang sama, PM Li menilai lawatan Prabowo ke China merupakan bukti eratnya hubungan dua negara. Bagi Li, Indonesia dan China berhasil memelihara hubungan kerja sama yang erat, dan dua negara siap membuka babak baru dalam memelihara kemitraan itu.

PM Li kepada Prabowo pun mempertegas komitmen negaranya untuk terus bekerja sama dan menjaga rasa saling percaya antara Indonesia dan China.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Arie Saputra

Tinggalkan Balasan