Jakarta, Aktual.com — Guinea merupakan sebuah negara di Afrika Barat. Sekarang negara ini disebut “Guinea-Conakry” untuk membedakannya dengan tetangganya, Guinea-Bissau. Guinea, memiliki Ibukota, yaitu, pusat pemerintahan, dan kota terbesarnya yang berasa di Conakry.

Guinea memiliki luas 246.000 kilometer persegi (94.981 mil persegi). Bentuknya seperti bulan sabit, dan batas barat dan selatannya adalah Samudera Atlantik. Guinea bertetanggaan dengan Sierra Leone, Liberia, dan Pantai Gading. Sungai Niger bermulai di Guinea dan terus hingga ke arah timur.

Guinea memiliki 24 suku etnis. Yang paling dominan yakni, suku-suku Fula, Mandinka, dan Susu.

Meski tak banyak yang mengetahui mengenai negara ini, namun ternyata negara ini memiliki beberapa tempat menarik yang dapat Anda kunjungi jika ingin merencanakan liburan dan berpetualang. Diantaranya:

1. Grand Mosquée de Conakry
Grand Mosquée de Conakry terletak di Kota Conakry dan itu adalah Masjid terbesar keempat di Afrika dengan kapastas untuk 2.500 perempuan di tingkat atas dan 10.000 orang di tingkat yang lebih rendah. Ada ruang tambahan untuk 12.500 jemaah lebih di Grand Esplanade.

2. Gunung Nimba Strict Nature Reserve
Cagar alam ini terletak di perbatasan Guinea, Liberia dan Pantai Gading di Mount Nimba dalam 913 km dari Conakry. Gunung Nimba Cagar Alam merupakan kawasan lindung dan Situs Warisan Dunia UNESCO kedua di Guinea dan Pantai Gading.

Wilayah ini dikenal kaya akan flora dan fauna, dengan spesies endemik seperti katak vivipar, Micropotamogale Gunung Nimba (Micropotamogale lamottei), dan simpanse yang menggunakan batu sebagai alat.

3. Gunung Nimba
Gunung Nimba terletak sekitar 913 km dari Kota Conakry. Gunung ini berdiri pada ketinggian 5.700 kaki. Dan, itu adalah puncak tertinggi di seluruh Guinea. Lereng Gunung Nimba ditutupi dengan hutan lebat di tingkat yang lebih rendah, dengan padang rumput gunung meluap dengan flora endemik sangat kaya akan fauna.

4. Cape Verga
Cape Verga adalah Surganya ‘sepasang kekasih’ jika berada di pantai. Terletak 225 km jauhnya dari kota Conakry. Cape Varga memiliki beberapa pantai terbaik di Guinea dengan Bel Air dan Sobane dan fasilitas wisata yang cukup untuk berenang, memancing, bungalow nyaman dan pilihan untuk al fresco yang dapat dijadikan tempat bersantai.

5. Pulau Alcatraz Guinea
Pulau Alcatraz terletak di sebelah barat laut dari Boke sekitar 300 km dari Conakry ke Iles et Tristao Capken. Pulau ini merupakan tempat berkembang biak bagi salah satu koloni burung laut terbesar di Afrika Barat. Dari pulau ini, seseorang mampu mengunjungi Capken Tristao dan menikmati pantai yang indah dan hutan bakau.

6. Bride Veil
Air terjun Bride Veil terletak di 146 km dari Conakry dan 13 km dari Kindia. Ada dua air terjun yang menciptakan tabir keindahan yang luar biasa, kesejukan dan angin laut yang lembut merupakan vegetasi kaya, seperti menemukan Surga dunia.

()

()