Bandung, aktual.com – bank bjb berkomitmen dan secara konsisten mendorong pelaku UMKM untuk terus berkembang hingga menembus pasar internasional melalui digitalisasi, pemberdayaan dan pembiayaan.

Hal ini dibuktikan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman bank bjb dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemnekop UKM) dalam pengembangan program SKOPI.

Penandatangan Nota kesepahaman ini langsung dilakukan Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari dalam acara Hari UMKM Nasional, yang berlangsung pada 12 Agustus 2022 di area Cihampelas Walk Mall Bandung dengan mengambil tema “UMKM Juara Dengan Digital”.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan bank bjb senantiasa mendukung pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk terus mendorong pengembangan UMKM melalui kolaborasi dan inovasi digital.

“bank bjb memiliki komitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui permodalan dan pemberdayaan UMKM,” ujar Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.

Dalam rangkaian acara ini, bank bjb juga melakukan simbolis penyaluran KUR (kredit Usaha Rakyat) bank bjb kepada pelaku usaha. Sampai Juni 2022, portofolio penyaluran KUR bank bjb telah mencapai Rp1,05 triliun.

Selain itu, bank bjb merasa bangga karena produk UMKM binaan bank bjb menjadi official souvenir bagi Menteri dan Kepala Daerah dalam acara Hari UMKM Nasional.

“bank bjb juga merasa terhormat karena mendapatkan Piagam Penghargaan berdasarkan keputusan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah tentang penghargaan Bakti Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah kepada Denny Mulyadi dalam perannya selaku Ketua Koperasi Konsumen bank bjb,” kata Widi.

bank bjb juga mengikutsertakan UMKM binaannya yaitu usaha Fashion (Industri alas kaki), Wood Craft (Industri Jam Tangan Kayu), Peternak Kelinci dan Usaha Tanaman Hias. UMKM binaan bank bjb untuk peternak kelinci dan tanaman Hias merupakan hasil dari program Petani Milenial yang merupakan salah satu program unggulan Provinsi Jawa Barat dalam mewujudkan Jabar Juara.

“Keberhasilan stand bank bjb menampilkan keberagaman produk mendapat apresiasi pada saat dilakukan peninjauan stand oleh para tamu,” jelas Widi.

(Tino Oktaviano)