Kerjasama Energi dan Minyak Antara Indonesia - Iran/Oman (Aktual/Ilst.Nelson)

Jakarta, Aktual.com — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, besok Selasa (13/10) malam akan bertolak ke Timur Tengah untuk melakukan perjalanan dinasnya ke Iran dan Oman. Kunjungan tersebut bertujuan untuk menindaklanjuti setiap peluang-peluang kerjasama yang ada.

“Besok malam saya mau ke Iran, bertemu dengan pihak Iran dan Oman untuk juga terus mengkonkretkan opportunity yang ada,” kata Sudirman di kantor Ditjen Ketenagalistrikan, Jakarta, Senin (12/10).

Ia menjelaskan, bahwa pertemuan nanti adalah pertemuan ketiganya dengan Menteri Energi dan Minyak Iran, yang memiliki beberapa fokus.

“Pertama, penjajakan pasokan crude dan produk. Kedua, mereka. Juga menawarkan gas yang sangat baik untuk industri pupuk kita. Kemudian kemungkinan juga untuk memasok aspal. Kita butuh besar dan aspal mereka sangat baik. Selain itu, mereka juga tertarik masuk investasi ketenagalistrikan,” ujar dia.

“Kami menyadari mendapat satu guidance dari Kementerian Luar Negeri mengenai masalah embargo Iran yang belum selesai seluruhnya. Tapi sambil mereka (Iran) mengurus politiknya, kita memberikan gesture kita serius kerjasama dengan mereka. Banyak negara lain siap-siap masuk Iran, kita tidak boleh telat,” tutup dia.

(Arbie Marwan)