Jakarta, Aktual.com — Pada umumnya kita selalu berpendapat, bila kecerdasan itu didapat saat kita dilahirkan. Dan, kita tak bisa melakukan apa-apa untuk merubahnya.

Akan tetapi saat ini kita harus benar-benar yakin dan percaya bahwa hal yang lebih baru kita pelajari bisa membantu kita untuk membuka pemikiran dan IQ kita lebih tajam.

Kebutuhan untuk mengembangkan beberapa hobi akan membuat kita lebih cerdas. Hobi menjadi bagian integral dari kehidupan manusia. Dan, setelah kita mengembangkan hobi tersebut, kita dapat menyadari jika kita harus menekuninya lebih dalam.

Dan, inilah yang menjadi rutinitas keseharian kita, hobi yang menyenangkan dan kreatif dapat mempengaruhi kecerdasan kita.

Berikut beberapa hobi yang dapat membuat kita lebih cerdas tanpa merasakan beban yang berat, demikian dilansir dari laman Boldsky.

1. Memainkan alat musik. Studi menunjukkan, bahwa musik sangat membantu dalam merangsang otak manusia. Musik memiliki kekuatan untuk meningkatkan emosi yang kompleks dari manusia dan juga mempengaruhi tingkat psikologis.

Para peneliti mengatakan bahwa mendengarkan musik atau memainkannya dapat membantu untuk meninkatkan ingatan dan mempertajam konsentrasi kita.

2. Sering membaca. Ini adalah salah satu cara termudah untuk menjadi cerdas. Membaca membantu untuk meningkatkan tingkat kecerdasan Anda. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengisi waktu luang dengan membaca.

3. Bermeditasi secara teratur. Meditasi bisa membantu kita menjadi lebih fokus, terutama pada diri sendiri. Ini membantu untuk mengetahui diri Anda sendiri, membantu mengurangi stres, serta belajar berpikir tenang.

4. Memasak. Setiap kita memasak dan bereksperimen dengan membuat masakan baru akan membantu meningkatkan kreativitas kita.

5. Bermain game. Membuat otak kita bekerja dengan kondisi yang baik. Dan melatih otak untuk melakukan hal-hal baru serta mempertajam pikiran manusia.

6. Latihan. Sering berolahraga secara teratur membantu untuk menjaga otak dan tubuh berfungsi aktif. Hal ini juga mengurangi ketegangan dan membantu kita untuk tidur lebih baik.

7. Pelajari bahasa baru. Ini bukan tugas yang mudah akan tetapi ini memiliki banyak manfaat. Cara ini dapat membuat kita terlibat dalam dan membantu kita untuk membuat analisa struktur tata bahasa serta belajar kata-kata baru yang meningkatkan kecerdasan. (Reporter Aktual.com: Refly Mulyadi)

()