Jakarta, Aktual.com – Ribuan prajurit dan alutsista TNI AD dikerahkan untuk memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), ibu kota negara masa depan Indonesia pada 17 Agustus 2024. KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menjelaskan bahwa prajurit dan alutsista tersebut akan mengikuti upacara kenegaraan perdana di Istana Kepresidenan IKN.

 

“Prajurit dan alutsista dikerahkan untuk pelaksanaan upacara, serta pengamanan pertahanan udara, pertahanan medan dan segala macam,” ungkap Jenderal Maruli Simanjuntak di Penajam.

 

KSAD menegaskan bahwa TNI AD akan mempresentasikan alutsista pertahanan Kota Nusantara, sebagai bagian dari persiapan kehadiran prajurit di ibu kota negara masa depan. Selain itu, ia melakukan kunjungan langsung ke IKN untuk memastikan rencana pembangunan sesuai dengan kondisi terakhir.

 

“Kami melihat langsung untuk meyakinkan apakah rencana pembangunan IKN sesuai kondisi terakhir yang dilaporkan dan target yang ditetapkan,” tegasnya.

 

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menyusuri lapangan Istana Negara di kawasan inti pusat pemerintahan Kota Nusantara, yang akan menjadi lokasi upacara peringatan Kemerdekaan RI ke-79. Kunjungannya juga melibatkan pemantauan pembangunan IKN dari ketinggian di Glamping Kota Nusantara.

 

KSAD menggunakan jalur perairan dari Kota Balikpapan menuju Kota Nusantara, mengevaluasi berbagai rute kunjungan untuk memastikan kesiapan aksesibilitas ke IKN. Sebagai penghargaan, Kesultanan Paser memberikan gelar “Kaka Demong Agung Bela Negara” kepada KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, menandakan peran agung sebagai pembela negara.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Jalil

Tinggalkan Balasan