Jakarta, aktual.com – Tokoh pers berencana menyiapkan dua buku sebagai masukan dan bahan evaluasi dari insan pers dan masyarakat sipil terhadap kinerja pemerintahan.

“Tujuannya bagaimana warga negara aktif memberikan masukan evaluasi kepada pemerintah dan DPR RI, kami letakkan dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan yang partisipatoris. Dalam hal ini, unsur masyarakat dan pers secara aktif memberikan evaluasi,” kata anggota Dewan Pers Agus Sudibyo di Jakarta, Senin (15/7).

Buku ini akan disiapkan dari berbagai berita karya jurnalistik insan pers yang karyanya diseleksi dengan cara Kompetisi Nasional Media, Piala Presiden.

Kompetisi rencananya digelar sejak Juli sampai dengan pertengahan Oktober 2019. Karya jurnalistik tidak hanya berfokus pada visi dan misi pemerintahan yang telah terealisasi, tetapi juga bisa berupa kritik konstruktif.

“Buku yang pertama nantinya berisi kompilasi para juara kompetisi, dan buku yang kedua buku kumpulan masukan-masukan dari masyarakat, tokoh pers, juga lintas sektor,” katanya.

Dua buku tersebut diharapkan menjadi bahan pertimbangan pemerintah untuk menyelesaikan program yang belum terealisasi dan membangun percepatan penyelesaian visi dan misinya dengan cara lebih efektif.

“Evaluasi ini tanpa bermaksud menggurui tetapi murni aspirasi dari masyarakat terhadap pemerintahan 5 tahun yang lalu untuk 5 tahun mendatang,” ujarnya.

Ant.

(Zaenal Arifin)